Kemerdekaan RI dan ramadhan

August 15, 2011 at 5:16 am Leave a comment

               Sekitar sebulan kebelakang ini, tanpa kita sadari sebenarnya  kita melalui dua peristiwa yang cukup istimewa.yang tak lain Yaitu peringatan kemerdekaan Republik Indonesia tanggal 17 Agustus dan datangnya bulan ramadhan.

           Dua kejadian ini sebenarnya dua kejadian yang mungkin biasa bagi kita karena kita telah lewati ini di tahun-tahun sebelumnya.   Dan ini mungkin menjadi  hal yang  istimewa, karena banyak  kejadian dan  peringatan yang berulang setiap tahunnya dibulan agustus ini. Seperti tetap semangat menjalankan aktifitas perlombaan dengan keadaan berpuasa.  Hal ini menjadi istimewa karena adanya kalaborasi antara indahnya bulan ramadaha dan bulan yang bertepatan dengan kemerdekaan republik Indonesia.

           Peristiwa ini terjadi karena  berulang mengikuti tahun Hijriah. Sudah umum orang-orang tahu bahwa jumlah kedua jenis tahun ini berbeda. Tahun Masehi terdiri dari 365 hari, sedangkan tahun Hijriah terdiri dari 354 hari. Ini artinya tahun Hijriah berulang lebih pendek sebanyak 11 hari setiap tahunnya. Pernahkan anda sadari pada tahun dulu Lebaran jatuh pada saat bulan Februari ? Ingatkan kita bahwa kita dulu pernah idul fitri jatuh berdekataan dengan Natalan yang berarti jatuh pada bulan desember? Hal ini merupakan akibat dari perbedaan jumlah hari dalam setahun antara kedua sistem penanggalan tersebut.

     Coba ingatlah kembali! Pada saat Presiden Pertama RI,Bung Karno membacakan proklamasi kemerdekaan RI pada tanggal 17 Agustus 1945, waktu itu bertepatan pada tanggal 8 Ramadhan 1364 Hijriah. Peristiwa inilah yang berulang di tahun 2011 ini meskipun tidak sama persis. Peringatan kemerdekaan RI di tahun 2011 ini jatuh pada saat menjelang bulan Ramadhan 1430H.

             Dulu, para pejuang kita berjuang untuk memperoleh kemerdekaan dengan semangat membara di bulan Ramadhan. Hal ini semestinyalah menjadi teladan bagi kita sekarang , bahwa datangnya bulan Ramadhan sekarang ini menjadi semangat pendorong untuk semakin mewujudkan Indonesia yang semakin baik , maju dan modern. Begitu semangatnaya para pejuang Indonesia dahulu mereka tidak pernah mengeluh karena harus berjuang di bulan ramadhan untuk memerdekakan Indonesia. Seharusnya kita bersikap seperti itu, sekarang negeri kita sudah maju dan bebas dari penjajahan, namun masih ada diantara kita yang males-malesan puasa dan sengaja untuk makan di tengah hari bolong. Hal ini terjadi pada kaum muda yang mungkin usianya SMP-SMA. Tidak itu saja bahkan kaum tuapun terkadang ada yang melakukan hal seperti itu.  Jika Indonesia berada dalam masa ini maka diamanakah hati kaula muda? Akankah jika Indonesia di jajah kembali kaum muda akan memebelanya? Sedangkan mereka juga terkadang sedikit yang mengenang perjuangan para pahlawan kita. Sangat menghawatirkan buakan? Maka puasalah denga penuh rasa  tanggung jawab dan galilah kesadaran dalam diri anda.

Advertisements

Entry filed under: Uncategorized.

Kontak Saya Kebohongan Cinta Yang Indah

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

w

Connecting to %s

Trackback this post  |  Subscribe to the comments via RSS Feed


August 2011
M T W T F S S
« Jul   Nov »
1234567
891011121314
15161718192021
22232425262728
293031  

Dede sinta

photo waktu bai

Dede sinta

Recent Posts

Blog Stats

  • 5,411 hits

Top Clicks

  • None

my facebook

BEC


%d bloggers like this: